PEMETAAN STANDAR ISI
MTs JAUHAROTUL HUDA TAHUN PELAJARAN 2012/ 2013
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas / Semester
: VII/I
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Tahapan
Berfikir
|
Indikator
|
Tahapan berfikir
|
Materi Pokok
|
Ruang lingkup
|
Alokasi waktu
|
1.Mendengarkan
berita dan
memahaminya
|
1.1
Menyimpulkan
isi berita yang dibacakan dalam beberapa kalimat
|
C2
|
Dapat menemukan
isi/sari berita yang didengarkan/
dibacakan
Dapat menyimpulkan isi/sari berita dalam satu alinea
|
C1
C2
|
Menyimpulkan berita
|
Mendengarkan
|
2 JP
|
1.2
Menulis
kembali berita yang dibacakan ke
kedalam beberapa kalimat
|
C2
|
Dapat menemukan isi/sari berita
yang didengarkan
Dapat menuliskan kembali berita yang didengar ke dalam beberapa
kalimat dengan susunan yang bervari-asi
|
C1
C2
|
Penulisan
berita
|
Mendengarkan
|
2 JP
|
|
2.Mengungkapkan
pengalaman dan
informasi mela-
lui kegiatan ber-
cerita dan me-
nyampaikan
pengumuman
|
2.1 Menceritakan pengalaman yang paling
mengesankan dengan menggunakan pilihan
kata dan kalimat efektif
|
C2
|
Dapat
mengidentifikasi pengalaman yang mengesan-kan
Dapat menentukan
pengalaman yang paling mengesan-kan
dari daftar pengalaman yang di-identifikasi
Dapat menyusun
pokok-pokok cerita berdasarkan pe-ngalaman
yang paling mengesankan
Dapat menceritakan
pengalaman yang paling menge-sankan berdasarkan
pokok-pokok cerita yang disusun dengan menggunakan pilihan kata dan kalimat
efektif
|
C1
C1
C2
C2
|
Cara
menyampaikan cerita
|
Berbicara
|
6 JP
|
2.2 Menyampaikan
pengumuman dengan intonasi
yang tepat serta menggunakan
kalimat yang
lugas
|
C2
|
Dapat menulis kerangka pengumuman
Dapat mengumumkan dengan intonasi yang tepat serta menggunakan kalimat
yang lugas dan sederhana
|
C1
C2
|
Penyampaian Pengumuman
|
Berbicara
|
6 JP
|
|
3. Memahami
ragam teks non
sastra Berbagai
cara
membaca
|
3.1 Menemukan
makna kata tertentu dalam
kamus secara cepat dan tepat sesuai konteks
yang di inginkan melalyui kegiatan membaca
memindai
|
C1
|
Dapat menemukan lema secara cepat dan tepat
Dapat menemukan makna kata secara cepat dan tepat
sesuai dengan konteks yang diinginkan
|
C1
C1
|
Cara
menemukan kata secara cepat dan tepat serta implementasinya
|
Membaca
|
2 JP
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Tahapan Berfikir
|
Indikator
|
Tahapan berfikir
|
Materi Pokok
|
Ruang lingkup
|
Alokasi waktu
|
3.2 Menyimpulkan isi bacaan setelah
membaca cepat 200 kata permenit
|
C2
|
Dapat menyimpulkan isi bacaan
Dapat menghitung waktu membaca
Dapat merangkai pokok-pokok bacaan
Dapat menentukan pokok-pokok bacaan
|
C2
C2
C2
C1
|
Penyimpulan
isi bacaan
|
Membaca
|
4 JP
|
|
3.3 Membacakan
berbagai teks perangkat
upacara dengan intonasi tepat
|
C2
|
Dapat menentukan berbagai teks perangkat upacara
Dapat membacakan berbagai teks untuk upacara bendera dengan intonasi
tepat
|
C1
C2
|
Membacakan
teks perangkat upacara
|
Membaca
|
6 JP
|
|
4 . Mengungkapkan
pikiran dan pengala-
man dalam buku
harian dan
surat
pribadi
|
4.1 Menulis buku harian atau pengalam-
an pribadi dengan memperhatikan
cara pengungkapan bahasa yang baik
dan benar
|
C2
|
Dapat menulis
pokok-pokok pengalaman pribadi yang
terjadi dalam suatu hari!
Dapat
mengembangkan pokok-pokok pengalaman pribadi menjadi tulisan yang ekspresif
Dapat secara rutin menulis pengalaman
dalam buku harian dengan bahasa yang ekspresif
|
C2
C2
C2
|
Penulisan
catatan harian/pengalaman pribadi
|
Menulis
|
4 JP
|
4.2 Menulis surat pribadi dengan
memperhatikan komposisi, isi dan
bahasa
|
C2
|
Dapat menentukan
perbedaan komposisi surat pribadi dengan surat resmi
Dapat menulis surat pribadi dengan bahasa yang
komunikatif
Dapat menyunting
surat
|
C2
C2
C2
|
Penulisan
surat pribadi
|
Menulis
|
4 JP
|
|
4.3 Menulis teks pengumuman dengan
bahasa yang efektif, baik dan
benar
|
C2
|
Dapat menentukan pokok-pokok
pengumuman
Dapat menulis teks pengumuman
dengan bahasa yang efektif baik dan benar
Dapat menyunting teks pengumuman
|
C2
C2
C2
|
Penulisan teks
pengumuman
|
Menulis
|
4 JP
|
|
5. Mengapresiasi
pe-
mentasan dongeng
yang diperdengarkan
|
5.1 Menemukan
hal-hal yang menarik
dari dongeng yang diperdengarkan
|
C2
|
Dapat menemukan ide-ide menarik dalam dongeng
Dapat merangkai ide-ide menarik menjadi
hal-hal menarik dari dongeng
|
C2
C2
|
Cara
menemukan hal menarik dari dongeng
Dan
implementasinya
|
Mendengarkan
|
2 JP
|
5.2 Menunjukkan relevansi isi dongeng
dengan situasi sekarang
|
C3
|
Dapat menemukan isi dongeng yang diperdengarkan
Dapat merelevansikan isi dongeng
dengan situasi sekarang
|
C2
C3
|
Cara menunjukkan relevansi isi dongeng dengan situasi sekarang
|
Mendengarkan
|
2
JP
|
|
6. Mengekspresikan
pikiran dan perasaan
melalui kegiatan
bercerita
|
6.1 Berbicara
dengan urutan yang baik,
suara, lafal, intonasi, gestur dan mimic
yang tepat
|
C2
|
Dapat menentukan pokok-pokok cerita
Dapat merangkai pokok-pokok cerita
menjadi urutan cerita yang baik dan
menarik
Dapat bercerita dengan urutan yang
baik, suara, lafal, intonasi, gestur,
dan mimik yang tepat
|
C2
C2
C2
|
Penyampaian
cerita
|
Berbicara
|
4 JP
|
6.2 Bercerita
dengan alat peraga
|
C2
|
Dapat menentukan pokok-pokok
cerita
Dapat merangkai pokok-pokok cerita menjadi
kerangka cerita yang menarik
Dapat bercerita dengan menggunakan alat peraga berdasarkan kerangka
cerita
|
C2
C2
C2
|
Penyampaian
cerita dengan
alat peraga
|
Berbicara
|
6 JP
|
|
7. Membaca untuk
memahami berbagai
teks non sastra
|
7.1 Menceritakan
kembali cerita anak
|
C2
|
Dapat menentukan pokok-pokok cerita anak yang dibaca
Dapat merangkai pokok-pokok cerita
anak menjadi urutan cerita
Dapat menceritakan kembali cerita dengan bahasa sendiri secara lisan
maupun tulis
|
C1
C2
C2
|
Teks
cerpen terjemah
an
(Penceritaan kembali )
|
Membaca
|
6 JP
|
7.2 Mengomentari buku cerita yang
dibaca
|
C3
|
Dapat menentukan unsur/bagian buku cerita yang akan dikomentari
Dapat mengomentari cerita dengan
alasan yang logis dan bahasa yang santun
|
C3
C3
|
Dongeng
(Cara
berkomentar terhadap,buku cerita)
|
Membaca
|
4 JP
|
|
8. Mengekspresikan
pikiran, perasaan dan
pengalaman melalui
pantun dan dongeng
|
8.1 Menulis pantun sesuai dengan syarat
pantun
|
C1
|
Dapat menentukan materi/bahan menulis pantun
sesuai konteks
Dapat menulis pantun
|
C1
C1
|
Pantun
(Penulisan pantun)
|
Menulis
|
2 JP
|
8.2 Menulis
kembali dengan bahasa
sendiri dongeng yang pernah dibaca
/didengar
|
C2
|
Dapat menentukan pokok-pokok
dongeng
Dapat menulis dongeng berdasarkan
urutan pokok-pokok dongeng
|
C1
C2
|
Dongeng
(Penulisan kembali dongeng)
|
Menulis
|
4 JP
|
Mengetahui, Jakarta,
Juli 2012
Kepala Mts Jauharotul Huda
Guru Mata Pelajaran
Hj. Khoirillah, S. Ag
H. Hasbi Yatim, M.PdI NIP. 1975 0223 2007102003
NIP. 197005042003121002